Bagaimana cara Penghitungan Sistem KPR Rumah

Properti / Mar 13, 2018

Bagaimana cara Penghitungan Sistem KPR Rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri, tentu memiliki rumah sendiri adalah impian bagi setiap orang, baik bagi yang belum mempunyai pasangan apalagi yang sudah mempunyai keluarga. Tentu bagi yang sudah mempunyai keluarga akan lebih membutuhkan rumah dan tentu ini menjadi persoalan yang utama. Namun terkadang harapan ini terbentur oleh kondisi financial yang kurang mendukung, mengingat harga rumah yang saat ini terbilang sudah tidak murah lagi, membuat permasalahan baru dan membuat banyak orang tidak dapat membeli rumah.

Terlebih lagi dengan adanya pendapatan yang tidak mencukupi untuk memiliki rumah, namun tentu ada solusi dari semua permasalahan itu. Kini banyak orang yang mengajukan membeli rumah dengan cara cicilan atau yang biasa disebut dengan KPR, cara ini adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan sistem cicilan.

Beruntung saat ini sudah ada cara membeli rumah dengan sistem KPR, dengan ini tentu akan sangat membantu kita dalam mendapatkan rumah impian dengan sistem cicilan. Dengan ini Anda dapat membeli rumah dengan cara menyicil dan walaupuan belum membayar semua harga rumah, namun Anda sudah langsung bisa menempati rumah yang Anda beli dengan di cicil tersebut.

Anda juga dapat menikmati keuntungan lainnya jika membeli rumah dengan sistem KPR, apa saja yang akan kita dapatkan dan keuntungan apa saja yang akan kita peroleh jika membeli rumah dengan cara KPR, nah berikut akan kita bahas hingga tuntas.

 

Keuntungan membeli rumah dengan cara KPR

 

Bagaimana cara Penghitungan Sistem KPR Rumah

 

 

1. Biaya membeli rumah lebih ringan 

Dengan membeli rumah sistem KPR maka kita tentu tidak perlu lagi memikirkan total harga rumah yang sebenarnya, kita hanya perlu memikirkan dana awal yang terbilang tidak terlalu besar. Mungkin Anda hanya perlu menyiapkan dana awal kisaran 10%-15% dari total harga rumah untuk tanda jadi. Dengan begitu maka Anda sudah dapat menempati rumah tersebut.

Bank akan menanggung terlebih dahulu 85-90% dari harga rumah yang akan dibeli tersebut, dan setelah itu rumah langsung dapat di cicil setiap bulannya. Tentu akan sangat membantu sekali bukan, bagi kita yang tidak dapat membeli rumah dengan Cash. untuk informasi lebih lanjut tentang KPR, silakan klik Disini>

 

 

2. Legalitas akan lebih terjamin

Legalitas rumah Anda akan lebih terjamin jika membeli rumah dengan cara KPR, keabsahan rumah dan tanah dalam surat akan lebih terpercaya, karena setiap Bank tidak akan bisa memproses rumah yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Jadi sudah dapat di pastikan bagi Anda yang membeli rumah dengan sistem KPR, rumah Anda pasti legal dan aman dari sengketa dan lain-lain.

 

3. Rumah mempunyai asuransi

Keuntungan lain jika membeli rumah dengan sistem KPR adalah, rumah Anda akan langsung mendapatkan asuransi dan proteksi rumah secara langsung, asuransi rumah adalah hal mutlak yang harus dimiliki, hal ini perlu dilakukan untuk menjaga jika suatu hal terjadi dirumah kita seperti, kebakaran dan hal-hal lain. 

 

Baca juga : Syarat-Syarat Mengajukan Ciclan Rumah atau KPR

 

Lalu bagaimana cara penghitungan sistem KPR rumah?

 

Bagaimana cara Penghitungan Sistem KPR Rumah Agat tidak terlibat hutang

 

Bunga KPR tedapat berbagai macam skema hitungan, dan disini akan kami jelaskan lebih gamblang cara menghitung dan mengetahui KPR agar tidak terjebak hutang yang mahal di kemudian hari.

 

Bunga Flat ( Bunga tetap)

Penghitungan bunga tetap atau flat, metode yang satu ini termasuk yang sangat murah dipahami, dalam pinjaman bunga flat adalah besar cicilan dipatok selama tenor cicilan atau jangka waktu pinjaman, sedangkan bunga akan dihitung berdasarkan pokok utang keseluruhan.

Rumus hitungan bunga kredit tetap adalah:

Bunga perbulan = (P x I x t)/b

P = pokok pinjaman

I = suku bunga per tahun

t = jumlah tahun jangka waktu kredit

b = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

 

 

Bunga Efektif

Bunga efektif banyak diterapkan untuk pinjaman berjangka waktu panjang. Misalnya seperti kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA). Istilah lain untuk menyebut bunga efektif adalah sliding rate.

Rumus hitungan bunga efektif adalah:
Bunga = SPU x i x (30/360)

SPU = saldo pokok utang bulan sebelumnya

i = suku bunga per tahun

30 = jumlah hari sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

 

 

Bunga Anuitas

Hitungan bunga anuitas adalah, dalam kredit bank sebenarnya memodifikasi skema bunga efektif. Kalangan bank beralasan, banyak nasabah yang merasa repot apabila harus membayar angsuran utang dengan nilai berbeda-beda setiap bulan. Maka itu, lahirlah skema ketiga yaitu bunga anuitas.

Rumus hitung bunga anuitas adalah sebagai berikut:

rumus kpr anuitas

P= pokok pinjaman

I= suku bunga pertahun

t= lama kredit dalam bulan

Atau, sebagai berikut:
Bunga = SPU X i X (30/360)

SPU = saldo pokok utang bulan sebelumnya

i = suku bunga per tahun

30 = jumlah hari sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

 

 

Itulah pengertian bagaimana cara penghitungan sistem KPR rumah