Anda pasangan baru atau Anda seorang pekerja yang ingin beli rumah? Ini tips cek kualitas bangunannya yang akan membantu Anda sehingga tidak salah memilih rumah.

Pada saat Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah, tentunya Anda akan mencari tahu Informasi Properti Agen atau langsung datang ke daerah yang diminati. Tetapi ingatlah ada hal penting yang harus diperhatikan diawal pada saat Anda memutuskan membeli rumah yang Anda pilih. Jika Anda memutuskan membeli sebuah rumah baru maupun rumah seken, Anda tetap harus melakukan pengecekan kualitas atas bahan bangunan yang digunakan. Faktor keamanan dan kenyamanan menjadikan alasan mengapa Anda harus melakukan pengecekan akan kualitas bangunannya. Jangan sampai Anda menjadi kecewa ketika membeli rumah baru tetapi harus melakukan pembetulan renovasi dimana-mana padahal untuk harga rumahnya saja sudah terbilang mahal, dan jika Anda memutuskan untuk membeli rumah seken pun, langkah awal adalah Anda harus mengetahui umur dari rumah tersebut dan kapan terakhir kali si pemilik rumah lama melakukan renovasi.

Tidak jarang juga pengembang sebuah hunian memberikan kualitas bahan bangunan yang standar dan bahkan di bawah standar sekalipun, mereka melakukan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi tanpa memikirkan umur manfaat dari rumah yang dibangunnya. Dan yang akan rugi tentunya para konsumen, mengingat para konsumen terkadang hanya memikirkan legalitas rumah, penampilan rumah dan mengesampingkan kualitas bangunannya. 

Secara garis besar ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu bahan dan material yang digunakan pada saat membangun rumah tersebut. Terkadang para pengembang memberikan spesifikasi bahan yang tercantum pada brosur dari rumah tersebut tapi spesifikasi yang disebutkan tersebut lebih bersifat secara umum, mereka tidak menyebutkan merk dan lain-lainnya. Untuk lebih meyakinkan secara pada awalnya, para konsumen bisa saja langsung bertanya kepada para marketing rumah atau langsung ke pengembang rumahnya untuk meminta penjelasan secara detail. Setelah Anda mendapatkan jawaban detailnya, baru Anda bisa melakukan pembuktian secara langsung kepada rumah yang dipilih. 

 

Baca Juga : 6 Ide Menyimpan Sepatu Supaya Rapi

 

Tips cek kualitas bangunannya sebelum membeli rumah

 

Tips cek kualitas bangunan rumah sebelum membelinya

 

Tidak ada salahnya Anda membawa orang yang mengerti tentang bahan bangunan, mengingat bahwa konstruksi dan bahan bangunan bersifat teknis. Ingin beli rumah? Ini tips cek kualitas bangunannya.

 

1. Plafon rumah. Saat Anda memutuskan untuk membeli rumah seken, sangat mudah mengetahui kekokohan plafon dari bangunan tersebut hanya dengan memeriksa langit-langit apakah sudah mulai mengerut. Tetapi untuk rumah baru, belum bisa mengetahui kekokohan dari plafon dikarenakan umur penggunaan dan pendirian bangunan pun belum terlalu lama.

 

2. Keretakan dinding. Anda harus memperhatikan retakan dinding, sekecil apapun itu jika Anda membeli rumah baru Anda harus langsung mempertanyakan pada pihak pengembang. Karena keretakan kecil akan menyebabkan retakan yang lebih besar.

 

3. Periksa pada area yang sudah diberikan perlengkapan. Terkadang ada rumah yang langsung dilengkapi dengan fasilitas full furnished. Cara melakukan pengecekan dengan membuka semua pintu dari lemari atau yang lainnya dan akan terdeteksi jika ada bau atau aroma tidak sedap yang muncul dari hawa lembap dan jamur. Kelembapan dan jamur bisa menyebabkan kebocoran dan bahan lemari yang terbuat dari kayu menjadi rusak.

 

4. Cek jamur, noda atau area lembap lainnya pada dinding serta langit-langit. Anda harus memperhatikan lebih fokus pada ruang-ruang yang basah. Misalkan saja kamar tidur, kamar mandi, dan ruang dapur. Ingatlah kerusakan kecil yang ada pada area-area basah ini bisa menjadi besar dan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit karena perbaikannya menjadi serius jika tidak diperhatikan.

 

Jika ada dari Anda yang ingin membeli rumah yang belum tersedia, Anda tetap bisa mengajak orang lain yang dipercaya dan paham akan bahan bangunan. Berikut Informasi Properti Agen juga akan membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan.

 

  1. Anda perlu melakukan secara sendiri mengenai ukuran rumah yang Anda beli.

  2. Bahan-bahan apa saja yang digunakan seputar pondasi, plafon, genteng, keramik dan cat dinding.

  3. Jenis bahan apa yang digunakan pada rumah tersebut untuk rangka dari atap, pintu dan jendela rumah

  4. Daya listrik yang disediakan apa sudah benar sesuai yang dispesifikasikan

  5. Jenis kabel yang digunakan pada setiap titik stop kontak di rumah tersebut.

  6. Sistem sirkulasi udara yang disediakan dalam rumah.Tinggi plafon, terlalu rendah plafon akan membuat udara di dalam rumah akan menjadi panas dan tidak ada pertukaran udara.

 

 

Nah bagi Anda yang dalam waktu dekat ini memutuskan untuk membeli rumah, jangan ragu untuk selalu menghubungi Informasi Properti Agen. Sekiranya tips yang kami berikan tentang bagaimana cara mengetahui kualitas bangunan dapat sedikit membantu Anda.

 

Itulah Tips Cek Kualitas Bangunannya sebelum Anda membeli rumah